Bipolar Disorder

Beberapa diantara kalian mungkin masih asing dengan nama yang satu ini. Tapi bisa jadi juga kalian langsung teringat dengan "Marshanda" saat mendengar nama penyakit ini.
Bipolar Disorder. Saya tidak akan menjelaskan terlalu detail tentang hal ini. Kalian mungkin bisa googling atau lihat situs situs penyedia informasi yang lebih lengkap. Belakangan ini nama penyakit "bipolar disorder" memang naik pamor dikarenakan menyerang seorang artis Ibukota yang membuatnya mempunyai konflik dengan keluarganya. Entahlah. Saya tidak akan membahas masalah mereka.
Sebenarnya apa sih Bipolar disorder? Singkatnya, Bipolar disorder adalah penyakit psikologis yang menyebabkan seseorang bisa berubah-ubah mood secara drastis dalam waktu yang cukup singkat. Misalkan detik ini dia sangat optimis. bahagia. hingga dia bisa memotivasi orang dengan sangat semangat. Tapi tidak lama, ia bisa menjadi sangat sedih. sangat membenci orang yang sebenarnya ia sangat cintai. Frustasi. dan bahkan bisa merasa tidak berguna, kesepian dan ingin bunuh diri.
Penyebabnya? Sampai saat ini, yang saya ketahui Bipolar disorder disebabkan oleh faktor genetik (keturunan), jumlah cairan kimia yang ada di otak, atau karena pengalaman yang kurang menyenangkan yang pernah dialami sang penderita.
Saya ingin menegaskan, bahwa penderita bipolar disorder bukanlah orang gila. Mereka butuh dukungan. dan maka dari itu, se-sepele-apapun bentuk sebuah bully, kalian jangan pernah melakukannya. Karena bisa saja yang kalian lakukan itu berdampak besar. Bisa jadi kalian membuat seseorang menjadi pengidap bipolar disorder. Lebay? tidak. Kadang hal sepele yang dilakukan tanpa disadari memang berdampak besar. Kalian pernah melihat seseorang yang terlihat sering menyendiri? Apakah kalian berusaha mendekati mereka? Tidak. Saya yakin kebanyakan diantara kalian justru malah mengucilkannya. Menjelek-jelekannya. membicarakan hal-hal aneh yang kalian pikir adalah sebuah hal yang negatif.
Disini saya ingin mengajak kalian semua, untuk menjadi bagian dari penolong para penderita bipolar disorder. Kenapa? Karena mereka tidak butuh pertanyaan. Mereka tidak butuh cacian dan makian. Mereka butuh dicintai apa adanya dan diterima dengan tulus. Mereka butuh dukungan. Sekian :) 

Related Posts

Posting Komentar